google-site-verification=5v3yF3hvRUPo-DuRqxVbw2ex6-AD-XqoTKs8dF_pSeQ Model Pembelajaran Ekspresi Imajinasi untuk Menulis Puisi Bebas di Sekolah Dasar (Buku Panduan untuk Mahasiswa dan Guru) - UNU KALBAR PRESS
Model Pembelajaran Ekspresi Imajinasi  untuk Menulis Puisi Bebas di Sekolah Dasar  (Buku Panduan untuk Mahasiswa dan Guru)

Model Pembelajaran Ekspresi Imajinasi untuk Menulis Puisi Bebas di Sekolah Dasar (Buku Panduan untuk Mahasiswa dan Guru)




Model Pembelajaran Ekspresi Imajinasi untuk Menulis Puisi Bebas di Sekolah Dasar (Buku Panduan untuk Mahasiswa dan Guru)

 

Penulis

Yunika Afryaningsih

 

Layout & Design Cover

Ahmadi, M.Sc


Cetakan ke-1, Februari 2023

 

Ukuran dan Halaman

14,8 cm x 21 cm

117 hlm.

 

Penerbit

UNU Kalbar Press

Jl. Parit Derabak, Ahmad Yani II

Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat

universitasnukalbar@gmail.com

www.unukalbar.ac.id


SINOPSIS

Menulis puisi merupakan satu pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang diajarkan di sekolah dasar. Perannya dalam pembelajaran dapat memberikan manfaat, yaitu meningkatkan keterampilan berbahasa, kebiasaan pemakaian diksi yang tepat, keruntutan berpikir, dan citraan yang tepat. Namun, kenyataan yang dihadapi selama ini masih didapati siswa kesulitan dalam menemukan ide, menentukan kata-kata pertama puisinya, maupun mengembangkan ide. 
 
Di dalam buku ini, yang merupakan buku panduan untuk mahasiswa dan guru, yang dihasilkan dari sebuah penelitian pengembangan model pembelajaran dijelaskan bahwa dengan mengembangkan model pembelajaran dapat menjadi alternatif bagi pembelajaran menulis puisi bebas untuk siswa di sekolah dasar. Model pembelajaran yang dikembangkan bernama “Model Pembelajaran Ekspresi Imajinasi”, yaitu sebuah model pembelajaran yang dikembangkan untuk pembelajaran menulis puisi dengan cara mengekspresikan (pengungkapan maksud, gagasan, dan perasaan yang dibayangkan oleh siswa) sesuatu yang dibayangkan atau daya pikir melalui kegiatan indrawi dengan bantuan media konkret dengan melewati empat tahapan, yaitu tahap ekspresi gagasan, tahap ekspresi imajinasi dalam kata, tahap ekspresi memindai karya, dan tahap ekspresi karya.
 
Buku ini tersusun atas tiga bab. Pada bab pertama, yaitu bab pendahuluan yang berisikan pengertian, landasan pengembangan, karakteristik, keunggulan, serta kelemahan model pembelajaran ekspresi imajinasi. Pada bab kedua, yaitu ruang lingkup menulis puisi dengan model pembelajaran ekspresi imajinasi yang meliputi isi, materi, media, evaluasi, serta langkah-langkah menulis puisi bebas dengan menggunakan model pembelajaran ekspresi imajinasi. Pada bab ketiga disuguhkan penerapan model pembelajaran ekspresi imajinasi untuk menulis puisi bebas. Pada bab akhir inilah dikemukakan tahapan dan penerapan Model Pembelajaran Ekspresi Emajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bebas yang dimulai dari tahap ekspresi gagasan, imajinasi dalam kata, memindai karya, dan ekspresi karya.


Catatan: Buku ini tidak diperjualbelikan hanya untuk kepentingan pembelajaran di FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat. Bila menginginkan PDF buku ini bisa di-download DI SINI

Share with your friends